PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MENGENAI IMPULSIVE BUYING DAN MEMULAI KEBIASAAN BUDGETING WIDYAH PUSPA SARI:196010073

WIDYAH PUSPA SARI, Tata Kartasudjana,. M.Ds. (2023) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL MENGENAI IMPULSIVE BUYING DAN MEMULAI KEBIASAAN BUDGETING WIDYAH PUSPA SARI:196010073. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img]
Preview
Text
Awal.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (790kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Dalam era modern ini, gaya hidup memegang peran penting dalam mempengaruhi perilaku termasuk dalam pembelian impulsive. Didukung oleh perkembangan zaman yang mempermudah konsumen dalam berbelanja seperti disediakannya toko online dan juga penawaran harga khusus untuk yang melakukan pembayaran menggunakan dompet digital yang mengharuskan konsumen membayar dengan cicilan ini, Konsumen bisa dengan mudah mendapat barang tanpa benar-benar memiliki uang. Perancangan ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara gaya hidup dan perilaku pembelian impulsive consumer dan kemudian mencari penyelesaian masalah melalui media yang paling efektif untuk audiens. Penelitian menggunakan survey di daerah Bandung dengan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan studi literatur dan juga kajian di lapangan ditemukan bahwa gaya hidup memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat pembelian impulsif. Konsumen dengan gaya hidup yang materialistik, hedonistik, dan fashion-oriented memiliki tingkat pembelian impulsif yang lebih tinggi dibandingkan dengan konsumen dengan gaya hidup yang lebih sederhana. Penelitian ini juga melakukan perbandingan dari beberapa penelitian sebelumnya untuk menjadi referensi dan validasi data atas hipotesis-hipotesis yang ditemukan selama penelitian ini. Dengan Kampanye sosial yang dirancang khusus untuk membuat para pelaku mengurangi kebiasaan dalam berbelanja tanpa perencanaan ini, diharapkan orang-orang tersebut bisa terjangkau oleh media yang disediakan dan menerima pesannya dengan baik. Perancangan ini memiliki dua media utama yaitu aplikasi dan Instagram sebagai media edukasi sehingga target menjadi lebih paham dan sadar bahwa Pembelian Impulsif bisa memperburuk keadaan ekonomi individu. Tujuan penelitian ini agar masyarakat lebih bijak dalam berbelanja dan juga menyadarkan orang-orang bahwa pembelian tanpa terencana bisa menjadi hal yang merepotkan di bidang keuangan di kemudian hari. Kata Kunci : Kampanye social, Impulsive buying, Gaya Hidup, Perencanaan Keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2023
Depositing User: mr FISS-Oman -
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:41
Last Modified: 05 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66702

Actions (login required)

View Item View Item