Amalia, Nadia Oktavianur (2023) STRATEGI BERSAING INDUSTRI CAFE DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS DI YUMAREE COFFEE) SKRIPSI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
8. DAFTAR ISI-halaman-1.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
17 DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Yumaree Coffee merupakan usaha yang bergerak industri kuliner, Dengan ketatnya persaingan bisnis Cafe di Kota Bandung, Yumaree menjadi salah satu pelaku usaha atau bisnis penggerak pengusaha dalam bisnis Cafe, dituntut agar mampu bertahan dan terus berkembang dalam persaingan agar dapat menghindari perpindahan pelanggan. Dengan hal itu, sangat dibutuhkan strategi bersaing yang tepat untuk mengetahui langkah yang terarah untuk dijalankan agar tetap menjaga keberadaan café. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Yumaree Coffee sebagai dasar perumusan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal untuk menghasilkan strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan oleh Yumaree Coffee. Metode penelitian ini digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi berperan serta. Analisis strategi bersaing dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap input, tahap pencocokan dan tahap keputusan. Tahap input terdiri dari matriks EFE, matriks IFE, yang menjadi input utama. Tahap pencocokan terdiri dari matriks IE dan analisis SWOT yang akan menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Tahap keputusan terdiri dari matriks QSPM yang membantu dalam pemilihan alternatif strategi yang cocok untuk kondisi café saat itu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yumaree Coffee menghadapi ancaman dari luar dan memiliki berbagai kekuatan yang mendorong pemanfaatan berbagai peluang yang dimiliki oleh Yumaree Coffee untuk meningkatkan keuntungan kafe. Alternatif penetrasi pasar sebagai pilihan strategi alternatif akhir yang dapat diterapkan oleh Yumaree Coffee menghadapi persaingan café di Kota Bandung. Penetrasi pasar dapat memperluas jangkauan pasar yang dapat diperoleh oleh Yumaree Coffee, selain hal itu penetrasi pasar dapat meningkatkan daya lekat akan brand image yang dimiliki oleh Yumaree Coffee di Kota Bandung. Kata kunci : Strategi bersaing, analisis SWOT, matriks QSPM
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 08:31 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65284 |
Actions (login required)
View Item |