BUDIANTO, LUTFI, 195030066 (2023) PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN TEKS DEBAT TERHADAP KREATIVITAS VERBAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
A_COVER.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
B_LEMBAR PEMBIMBING.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
C_LEMBAR PENGUJI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
G_ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
H_ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
I_ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
N_BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
O_BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
Text
P_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
Text
Q_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
R_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
Text
S_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai “Penerapan Metode Debat Aktif dalam Pembelajaran Teks Debat terhadap Kreativitas Verbal Peserta Didik Kelas X”. Kemampuan berbahasa di kalangan peserta didik SMP dan SMA penting adanya. Berbicara di dalam praktik debat dapat dikategorikan sebagai proses kreatif yang memerlukan keluwesan dalam penyampaian ide atau gagasan. Kemampuan berbahasa seseorang dalam pelaksanaannya dapat dilihat dari kemampuannya melihat hubungan atau makna kata pada kalimat serta mengonstruksi kalimat dengan efektif dan diungkapkan secara lisan. Sekaitan dengan hal tersebut kemampuan kreatif menggunakan bahasa lisan adalah dengan melakukan praktik debat. Penerapan praktik debat di dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas verbal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa berdasarkan hasil uji Mann Whitney pada tabel statistik, diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan tabel test statistic, perolehan nilai Asymp. Sig pada kelas eksperimen bernilai 0.000, sedangkan kelas kontrol 0.064. Karena 0.000 < 0,005 maka disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan hasil belajar (kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran teks debat sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran debat aktif, dan karena 0.064 > 0.05 maka tidak terdapat perbedaan hasil belajar (kreativitas verbal) peserta didik dalam pembelajaran teks debat sebelum dan sesudah diberikan treatment pada kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran diskusi. Kata kunci: Kreativitas Verbal, Metode Debat Aktif, Pembelajaran Teks Debat
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 06:11 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 06:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65123 |
Actions (login required)
View Item |