PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WATTPAD DI KELAS VIII SMPN 2 DAYEUHKOLOT

Putripur, Alifia Nurfitriani, 195030086 (2023) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WATTPAD DI KELAS VIII SMPN 2 DAYEUHKOLOT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Lembar Pengesahan Penguji.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca teks drama dan kesulitan yang mereka alami saat menganalisis unsur drama. Faktor yang menyebabkan hal ini termasuk kurangnya penggunaan model dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif oleh pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang mengidentifikasi unsur drama menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. 2) Mengukur kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran mengidentifikasi unsur drama menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. 3) Membandingkan kemampuan peserta didik di kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur drama menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan rancangan tes awal dan tes akhir serta kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan meliputi data pretest dan posttest dari peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol, yang merupakan siswa kelas VIII SMPN 2 Dayeuhkolot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik meningkat dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur drama dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wattpad. Terdapat peningkatan nilai rata-rata pretest dari 63,39 menjadi 88,54 pada posttest kelas eksperimen. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,54 sedangkan kelas kontrol sebesar 84,59. Kata Kunci: Probem Based Learning, unsur drama, Wattpad.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Sep 2023 07:15
Last Modified: 02 Sep 2023 07:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64924

Actions (login required)

View Item View Item