YANI,EVA SAFITRI, 185060115 (2023) PENGARUH MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BOJONG KONENG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media powtoon untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajara tematik kelas III SDN Bojong Koneng . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Bojong Koneng sebanyak 50 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas III A sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah media powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media powtoon berpengaruh untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelasIII SDN Bojong Koneng. Dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,77 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Perbedaan dapat dilihat dari hasil uji paired sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 6,666 > 2,005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,001 (Sig. < 0,05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar peserta didik dan uji independent sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 6,666 > 2,005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,758 (Sig. < 0,05) yang berarti dapart disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor post-test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.Pengaruh berpikir kritis siswa dapat di lihat dari hasil pedoman penilaian skor pada kelas eksperimen mendapatakan nilai rata-rata 3,75, sedangkan pada kelas control mendapatkan nilai rata-rata 2,11 menunjukan bahwa tidak ada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas kontrol. Kata kunci: Pengaruh media powtoon untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62039 |
Actions (login required)
View Item |