PENGARUH MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BOJONG KONENG

YANI,EVA SAFITRI, 185060115 (2023) PENGARUH MEDIA POWTOON UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BOJONG KONENG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (154kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media powtoon untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajara tematik kelas III SDN Bojong Koneng . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Bojong Koneng sebanyak 50 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas III A sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebanyak 25 peserta didik sebagai kelas kontrol. Perlakuan yang diterapkan pada kelompok eksperimen adalah media powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media powtoon berpengaruh untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelasIII SDN Bojong Koneng. Dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,77 dengan interpretasi dalam kategori besar sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh besar pada hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Perbedaan dapat dilihat dari hasil uji paired sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 6,666 > 2,005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,001 (Sig. < 0,05) yang berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor hasil belajar peserta didik dan uji independent sample t test yang diperoleh nilai t hitung sebesar 6,666 > 2,005 dan mempunyai nilai Sig. sebesar 0,758 (Sig. < 0,05) yang berarti dapart disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan pada skor post-test hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.Pengaruh berpikir kritis siswa dapat di lihat dari hasil pedoman penilaian skor pada kelas eksperimen mendapatakan nilai rata-rata 3,75, sedangkan pada kelas control mendapatkan nilai rata-rata 2,11 menunjukan bahwa tidak ada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas kontrol. Kata kunci: Pengaruh media powtoon untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Jan 2023 02:39
Last Modified: 30 Jan 2023 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62039

Actions (login required)

View Item View Item