HALIZA, RATU, 185060142 (2022) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGODICAL CONTENT KNOWLEDGE) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V Tema 1 Subtema 3 “Lingkungan Dan Manfaatnya” Di SDN 067 Nilem Buah Batu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa Sekolah Dasar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dengan model Discovery Learning pada siswa kelas V SDN 067 Nilem Buah batu Tahun Ajaran 2022/2023. Dari pemberian tes awal yang telah diberikan kepada siswa kelas V menunjukkan bahwa hasil belajar pada materi tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 3 “Lingkungan dan manfaatnya” rendah. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Dengan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 067 Nilem Buah batu, dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas V C sebagai kelas eksperimen, dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berbantuk pilihan ganda sebanyak 31 soal yang diberikan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran dilaksanakan, dan posttest yang dilakukan setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 51,09, dan rata-rata posttest sebesar 69,48. viii Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 42,91, dan ratarata posttest sebesar 53,00. Dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan TPACK dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia” subtema 3 “Lingkungan dan manfaatnya” yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest. Kata Kunci: Pendekatan TPACK, Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 01:06 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 01:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61764 |
Actions (login required)
View Item |