IMELDA, MEIGI, 185030089 (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PUISI KELAS X SMKN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Sunda.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran membaca puisi adalah bagian dari pembelajaran mengapresiasi sastra, terkadang peserta didik kurang memberikan antusias besar karena kurangnya minat dalam membacakan suatu puisi di depan kelas. Salah satu kurangnya minat dalam pembelajaran membaca puisi tersebut adalah membangun kepercayaan diri pada masing-masing peserta didik. Sehingga, pendidik perlu melakukan pemutakhiran seperti menerapkan metode pembelajaran yang tepat dan menggembirakan bagi peserta didik di kelas. Peneliti begitu tertarik untuk melakukan penelitian pembelajaran membaca puisi dengan menerapkan metode demonstrasi dengan tujuan membangun kepercayaan diri peserta didik kelas X SMKN 4 Bandung. Pada penelitian ini metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik observasi, kuesioner, dan tes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Peneliti mampu meningkatkan hasil belajar dari pembelajaran membaca puisi dengan memperhatikan unsur batin dan teknik membaca puisi pada peserta didik kelas X dengan menerapkan metode demonstrasi dalam membangun kepercayaan diri peserta didik kelas X SMKN 4 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil skor yang telah didapatkan oleh peneliti dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,75. Peneliti mendapatkan penilaian yang sangat baik (A). 2) Rata-rata nilai pretes dari kelas eksperimen sebesar 75,26 sedangkan hasil kelas kontrol adalah 73,7. Hasil postes kelas eksperimen adalah 85,00, sedangkan hasil postes kelas kontrol adalah 81,3. Dapat disimpulkan penerapan metode demonstrasi lebih baik untuk hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dalam membacakan puisi dengan memperhatikan unsur batin puisi dan teknik membaca puisi dan kepercayaan dirinya lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan metode head number together. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar dan kepercayaan diri pada peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran membaca puisi daripada kelas kontrol dengan metode head number together. Pengujian keefektifan ini menggunakan uji Indenpendent T-test dilihat pada tabel T-test dari Mean kelas eksperimen 9,67 yang lebih besar dari kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi lebih efektif untuk membangun kepercayaan diri peserta didik saat membacakan puisi. Kata Kunci: Pembelajaran Membaca Puisi, Kepercayaan Diri, Metode Demonstrasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 06:30 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 06:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61045 |
Actions (login required)
View Item |