Suminar, Mia, 185030084 (2022) PEMBELAJARAN ANALISIS MORFOLOGIS DALAM TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TANDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PELITA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Sunda.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran teks biografi, keterampilan menulis dan analisis proses morfologis menggunakan metode pembelajaran TANDUR pada peserta didik kelas X SMK Pelita. Metode pembelajaran tandur merupakan akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan dan Rayakan. Pada pembelajaran teks biografi ini peserta didik dihubungan dengan pengalaman dirinya dan pengetahuan yang ia miliki. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen kedua kelas tersebut akan melaksanakan kegiatan pretes dan postes. Pada masing-masing kelas terdiri dari kurang lebih 45 orang akan tetapi disetiap kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil sampel setiap kelas kontrol dan eksperimen dengan jumlah 30 peserta didik. Pada saat dilaksanakan uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan uji Leavene pada pembelajaran teks biografi maka data tersebut normal dan homogen, hasil perhitungan uji-t n-gain dengan menggunakan independent sample t-test hasilnya menunjukan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pembelajaran teks biogrfi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada saat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas data tersebut tidak normal dan tidak homogen maka dilakukan uji non parametrik menggunakan Mann-Withney hasilnya yaitu 0,005 lebih kecil dari pada 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatann kemampuan menulis teks biografi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TANDUR dapat meningkatkan hasil belajaran dan keterampilan menulis teks biografi pada peserta ddik kelas X SMK Pelita. Kata kunci : Pembelajaran, teks biografi , metode pembelajaran TADUR
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2022 02:51 |
Last Modified: | 05 Nov 2022 02:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60812 |
Actions (login required)
View Item |