SIPAYUNG, CLARA NATALITHA, 185030100 (2022) ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DALAM KUMPULAN FABEL KISAH SAHABAT RIMBA KARYA YOSEP RUSTANDI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SMP KELAS VII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kejiwaan tokoh, mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terkandung, serta mendeskripsikan pemanfaatan hasil analisis psikologi sastra dalam kumpulan fabel Kisah Sahabat Rimba karya Yosep Rustandi sebagai alternatif bahan ajar SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang hasil akhirnya berupa deskripsi dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catat dan studi dokumen. Adapun hasil penelitian ini, yaitu: pertama, terdapat 48 tokoh yang terdiri dari tokoh utama dan tokoh pendukung. Tokoh-tokoh tersebut dianalisis aspek-aspek kejiwaannya menggunakan teori struktur kepribadian menurut Sigmund Freud. Sebanyak 20 id, 7 ego, dan 21 superego memengaruhi sikap dan sifat tokoh-tokoh tersebut. Kedua, terdapat nilai-nilai utama karakter yang terkandung pada keseluruhan fabel terdiri dari 1 fabel dengan nilai mandiri, 4 fabel nilai religius, 5 fabel dengan nilai gotong royong, dan 10 fabel dengan nilai integritas. Ketiga, pemanfaatan analisis psikologi sastra dalam fabel Kisah Sahabat Rimba dapat dijadikan alternatif bahan ajar karena disesuaikan dengan KI, KD, materi, serta aspek-aspek dalam pemilihan bahan ajar. Selanjutnya, bahan ajar berbentuk modul ini divalidasi oleh guru bahasa Indonesia. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis psikologi sastra dapat dijadikan alternatif bahan ajar SMP kelas VII karena seluruh fabel memberikan informasi mengenai watak dan memiliki nilai-nilai karakter yang telah sesuai dengan KI, KD, materi dan aspek pemilihan bahan ajar. Kata kunci: analisis, aspek kejiwaan, nilai karakter, bahan ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 06:08 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 06:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60648 |
Actions (login required)
View Item |