Dewi Gina Salsabila, 182020039 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM VOKASIONAL DALAM PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA SMA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB-C SUMBERSARI BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (3kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Tunagrahita merupakan suatu kondisi kecerdasan yang mengalami keterlambatan sehingga tidak bisa berkembang secara optimal selama masa pertumbuhan atau sebelum usia 18 tahun. Peningkatan kemandirian menjadi hal yang penting bagi anak tunagrahita, dan program vokasional menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kemandirian. Upaya yang dilakukan mulai dari peningkatan motivasi belajar, seperti pemahaman terhadapat minat belajar dan bermain sepak bola. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana program vokasional dalam peningkatan kemandirian siswa SMA Tunagrahita Ringan, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana hambatan dan upaya dalam kemandirian siswa SMA tunagrahita Ringan di SLB-C Sumbersari Bandung, serta menganalisis dan mendeskripsikan implikasi teoritis dan praktis pekerjaan sosial program vokasional dalam kemandirian siswa SMA tunagrahita ringan di SLB-C Sumbersari Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipan, studi dokumen. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan analisis koding dan kategorisasi, keabsahan data melalui ketekunan pengamat, trianggulasi sumber dan Rich and thick description. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program vokasional dalam peningkatan kemandirian siswa tunagrahita ringan di SLB-C Sumbersari Bandung disesuaikan dengan kemampuan anak tunagrahita sebagai siswa dan penyerapan belajar masih kurang dikarenakan kemampuan berfikir siswa memang masih di bawa rata-rata sehingga masih diperlukan bantuan khusus pekerja sosial. Kata kunci: Peningkatan kemandirian, Tunagrahita Ringan, SLB-C Sumbersari Bandung, Vokasional.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 29 Oct 2022 04:59 |
Last Modified: | 29 Oct 2022 04:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60320 |
Actions (login required)
View Item |