PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SDN 02 Manggar Belitung Timur )

MAYLISAN, YENI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SDN 02 Manggar Belitung Timur ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya motivasi belajar menyebabkan siswa kurang antusias dalam menghadapi pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian penulis tertarik untuk menerapkan teknik Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh teknik Project Based Learning yang diterapkan. Penelitian yang digunakan ini adalah penelitian Kuasi Eksperimen, dan penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Manggar Kota Belitung Timur pada kelas V dengan populasi sebanyak 102 siswa. Teknik yang digunakan adalah Pretest - Postest , maka kelas V-A (kontrol) maupun kelas V-B (eksperimen) akan diambil masing-masing sampel sebanyak 25 siswa , maka total keseluruhan kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sebanyak 50 siswa. Berdasarkan analisis dan temuan dengan menggunakan program SPSS versi 22 bahwa rata-rata posttest nilai kelas eksperimen 84,38 lebih tinggi dari nilai rata – rata kelas kontrol yaitu 70,63 . Berdasarkan kaidah kriteria pengambilan keputusan dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model problem based learning yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 02 Manggar Belitung Timur. Kata Kunci: Project Based Learning , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 28 Oct 2022 08:58
Last Modified: 28 Oct 2022 08:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60289

Actions (login required)

View Item View Item