Herliani, Wulan Dewi, 185020050 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester Ganjil MAN 1 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
8. abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
9. abstract.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
10. abstrak sunda.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
12. bab I.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
13. bab II.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
14. bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
15. bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
Text
16. bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
Text
17. daftar pustaka.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan motode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kota Bandung kelas XI IPS. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah diuji tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji n-gain, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengenai Pengaruh model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar siswa sebagai berikut: berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dilakukan di kelas eksperimen terdapat perubahan yang cukup signifikan dari skor pre-test dan post test dimana sebagian besar peserta didik mendapatkan skor diatas KKM setelah dilakukan perlakuan berupa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Diperoleh nilai n-gain 64,6404 atau 64,65% yang disebut juga nilai rata-rata peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang dapat diklasifikasikan g >56-75% dapat diartikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di MAN 1 Kota Bandung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,02 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan model pembelajaran STAD berdasarkan hasil pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol hal ini menunjukan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar sebesar 52,9% yang artinya tingkat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar cukup kuat dan selebihnya 47,1% pengaruh oleh faktor eksternal seperti lingkungan keluarga, sekolah, kondisi masyarakat, serta keadaan lingkungan. Kata kunci : Pengaruh, Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 07:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 07:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59756 |
Actions (login required)
View Item |