PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Akmeliani, Devi, 185050034 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. Cover Depan.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Scan lembar pengesahan.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak 1.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak 2.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak 3.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab 1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.. Bab 2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
14. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img] Text
15.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
17.Daftar Pustaka.pdf

Download (312kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa lebih tinggi melalui model pembelajaran problem based learning; (2) mengetahui pecapaian self-esteem matematis siswa yang memperoleh model problem based learning lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui korelasii antara model problem based learning dengan self-esteem matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam kajian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pusakanagara. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan skala Self-esteem. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunaka SPSS Statistics 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning lebih baik darpada siswa yang memperoleh model pembelajaran ceramah; (2) Self-esteem siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan self-esteem siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman matematis, self-esteem, problem based Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Oct 2022 02:48
Last Modified: 10 Oct 2022 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59687

Actions (login required)

View Item View Item