Akmeliani, Devi, 185050034 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
0. Cover Depan.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
1. Scan lembar pengesahan.pdf Download (954kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak 1.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak 2.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak 3.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab 1.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
13.. Bab 2.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
14. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) |
||
Text
15.Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
16. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
17.Daftar Pustaka.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa lebih tinggi melalui model pembelajaran problem based learning; (2) mengetahui pecapaian self-esteem matematis siswa yang memperoleh model problem based learning lebih baik dari pada pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui korelasii antara model problem based learning dengan self-esteem matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam kajian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pusakanagara. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan skala Self-esteem. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunaka SPSS Statistics 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning lebih baik darpada siswa yang memperoleh model pembelajaran ceramah; (2) Self-esteem siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan self-esteem siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman matematis, self-esteem, problem based Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 02:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59687 |
Actions (login required)
View Item |