RIANA, ADE, 185050033 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BABB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran yang penggunaannya kurang tepat akan menyebabkan tidak efektifnya kegiatan pembelajaran sehingga tidak jarang kurang tercapainya kegiatan dan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu adanya pembaruan penggunaan model pembelajaran matematika di sekolah, agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif dan berjalan secara optimal. Adapun salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu penerapan pembelajaran model Discovery Learning berbantuan Google Classroom. Model Discovery Learning dilakukan secara berkelompok dengan langkah pembelajaran dimulai dari pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan/generalisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; apakah self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh model discovery learning berbantuan google classroom. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E SMP Negeri 2 Tanjungpandan dengan objeknya kemampuan berpikir kritis matematis dan selfconfidence siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran discovery learning berbantuan google classroom. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self-confidence, Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Google Classroom.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:16 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59675 |
Actions (login required)
View Item |