Trisnawati, Putri, 185060144 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 067 NILEM KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan hanya menerima materi yang diajarkan oleh guru, sehingga hasil belajar IPA siswa masih rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model CTL dan mengetahui efektivitas hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasy experiment). Desain penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SDN 067 Nilem masing-masing berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian menggunakan pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda berjumlah 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 80,3 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,9. Untuk nilai uji independent sample t test hasil hitung posttest lebih besar dibandingkan dengan ttabel, yaitu thitung 2,0854 dan ttabel 2,0032. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar. Hasil uji N-Gain nilai mean kelas kontrol 0,400 dalam kategori sedang dan 40,01% dalam kategori kurang efektif sedangkan nilai mean kelas eksperimen 0,565 kategori sedang dan 56,47% kategori cukup efektif. Maka ini membuktikan kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Contextual Teaching and Learning efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung (direct instruction). Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 06:09 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59293 |
Actions (login required)
View Item |