PUTERI, DHEA RAHMANIA, 185050003 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak Sunda.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab II.pdf Download (134kB) | Preview |
|
Text
10. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
Text
11. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
Text
12. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Namun siswa cenderung lebih sulit dan pasif dalam pembelajaran matematika. Banyak sekali penyebab siswa mengalami kesulitan dalam mampelajari matematika maka perlu adanya kemampuan matematik terutama kemampuan pemahaman konsep dan SelfRegulated Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep, pencapaian Self-Regulated Learning dan korelasi kemampuan pemahaman konsep dengan Self-Regulated Learning. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen semu (quasi experiment). Subjek dari penelitian ini salah satu SMA kelas X di kota bandung sebanyak dua kelas, diantaranya 35 siswa kelas kontrol yang diberi perlakuan model memperoleh model Discovery Learning dan 35 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert. Hasil penelitian didapat kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, 2) Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, 3) tidak terdapat korelasi antara keampuan pemahaman konsep matematis dan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model Discovery Learning berbantuan video pembelajaran. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Self-Regulated Learning, Model Discovery Learning, Video Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 01:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 01:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58894 |
Actions (login required)
View Item |