PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA

Ardiyani, Ghina Huwaidah, 185050016 (2022) PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Sunda.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan siswa merumuskan dan merencanakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan masih kurang, hal ini menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Perlu adanya sikap teliti, percaya diri, ulet, rasa ingin tahu dan yakin dalam memecahkan sebuah permasalahan. Sikap tersebut meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sikap yang dimaksud adalah kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan pendekatan metaphorical thinking lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model problem-based learning, 2) mengetahui kemandirian belajar siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang memperoleh model problem-based learning, 3) mengetahui korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan pendekatan metaphorical thinking. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 25 Bandung dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 7 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis dan non tes berupa angket kemandirian belajar. Skala sikap yang digunakan adalah skala Likert. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua instrumen tes dan non tes layak untuk digunakan setelah revisi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model problem-based learning dengan pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang memperoleh model problembased learning. Selain itu, terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu, model problem-based learning dengan pendekatan metaphorical thinking dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Problem-Based Learning, Metaphorical Thinking

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Sep 2022 01:44
Last Modified: 10 Sep 2022 01:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58892

Actions (login required)

View Item View Item