NURCAHYANTI,OKTIVIA INDIRA, 185060028 (2022) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP GROUP (WAG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA SISWA KELAS IV DI SDN KENCANA INDAH II (Penelitian Deskriptif Kualitatif). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
15. Bab I Pendahuluan.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
16. Bab II Landasan Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
17. Bab III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
Text
18. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) |
||
Text
19. Bab V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
Text
20. Daftar Pustaka.pdf Download (117kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa Kelas IV di SDN Kencana Indah II, hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan Aplikasi WhatsApp Group sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa Kelas IV di SDN Kencana Indah II serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru, Peserta Didik, dan Orang Tua Peserta Didik Kelas IV. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfaatkan aplikasi WhatsApp Group sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen, telepon, dan video call. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur WhatsApp Group dan juga penggunaannya yang mudah dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan dalam kegiatan belajar mengajar, hal tersebut didukung dengan hasil kuesioner yang menyatakan bahwa 55% responden sangat setuju terhadap kemudahan penggunaan aplikasi WhatsApp Group sebagai media pembelajaran dan 39% responden lainnya setuju dengan pernyataan tersebut. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran jarak jauh terdapat beberapa hambatan, seperti gangguan sinyal, memori handphone penuh, kurangnya interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar peserta didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik, fasilitas pendukung pembelajaran online, dan sulit memahami materi yang diberikan. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi beberapa hambatan tersebut yang dilakukan guru adalah dengan meminimalisir semua kendala baik dari gangguan sinyal dengan memperpanjang jangka waktu pengiriman tugas, membuat materi pembelajaran lebih sederhana dan mudah dimengerti, melakukan interaksi dengan melakukan video call atau melakukan interaksi secara tatap muka ke sekolah 1 minggu sekali, dan melakukan inovasi media lain seperti Google Classroom dan Zoom Meeting tetapi tidak meninggalkan peran utama penggunaan WhatsApp Group. Kata kunci: WhatsApp Group, Media Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 03:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 03:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58845 |
Actions (login required)
View Item |