ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BANK OCBC NISP VERSI “20 BISA APA” DI YOUTUBE

ALDY KURNIAWAN SAPUTRA, 172050062 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BANK OCBC NISP VERSI “20 BISA APA” DI YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.docx

Download (12kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BANK OCBC NISP VERSI “20 BISA APA” DI YOUTUBE”. Iklan adalah sebuah karya yang dibuat dengan tujuan sebagai sebuah promosi dan penanaman citra terhadap suatu lembaga atau intansi kepada para masyarakat yang menikmati iklan. Dibuat dengan memberikan tampilan yang menarik sehingga dapat sekaligus memberikan hiburan maupun edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna denotasi, konotasi, dan mitos yang tedapat dalam iklan “20 bisa apa”, selain itu untuk mengetahui makna pesan apa yang ada dalam iklan tersebut dan untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas sosial yang ada dalam kehidupan nyata di masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif , menggunakan model analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, serta studi kepustakaan. Teknik analisis data yang dilakukan dengan beberapa tahapan yakni, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Makna pesan yang terdapat dalam iklan “20 bisa apa” ini memberikan edukasi mengenai kesiapan anak muda terhadap kehidupan yang akan datang bagi mereka yang dipercayai sebagai agen perubahan dan agen penerus bangsa. Penggambaran dalam setiap adegan yang sesuai dengan apa yang terjadi baik kondisi, perasaan, maupun harapan yang diinginkan oleh masyarakat, membuat masyarakat merasa tersentuh dan terjebak seakan memposisikan dirinya sebagai orang yang berperan dalam iklan tersebut. Kata kunci : Semiotika, Iklan, Denotasi, Konotasi, Mitos, , Konstruksi Realitas Sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:44
Last Modified: 14 Mar 2022 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56199

Actions (login required)

View Item View Item