PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

FEBRIANA, MOCH YUDIMAN, 145060080 (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Inggris.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru IV Semester II SDN Cikaro 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung telah terlaksana dengan baik, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan sikap peduli siswa di dalam pembelajaran khususnya pada subtema Kebersamaan dalam keberagamanpada setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan siklus III mencapai kategori sangat baik. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Hasil penilaiansiklus I menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang mencapai KKM atau dianggap tuntas sebanyak 24 orang dengan persentase 80%. Hasil penilaian siklus II menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang sudah mencapai KKM atau dianggap tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase 86,6%. Hasil penilaian siklus III menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang sudah mencapai KKM atau dianggap tuntas sebanyak 28 orang dengan persentase 93%. Sikap pedulisiswa meningkat dengan menggunakan model Problem Based Learning pada subtema Kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV semester I SDN Cikaro 1 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Hal ini terlihat dari setiap siklusnya, dimulai dari siklus I sebanyak 22 orang dengan kategori baik. Siklus II siswa memperoleh 27 orang dengan kategori baik, meningkat menjadi 28 orang dengan kategori baik pada siklus III. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema kebersamaan dalam ke beragaman. Kata Kunci: Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:16
Last Modified: 09 Mar 2022 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56101

Actions (login required)

View Item View Item