REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN PADA IKLAN PARFUM POSH HIJAB CHIC

Rahmawati Dewi, 172050019 (2022) REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN PADA IKLAN PARFUM POSH HIJAB CHIC. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan DEWI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Iklan dibuat bukan hanya sekedar menekankan pada sisi artistiknya saja, melainkan karena memiliki tujuan dan fungsi tertentu bagi suatu pihak yang membuatnya. Karena jenisnya yang non personal alias ditujukan untuk khalayak luas, sehingga tidak memungkinkan adanya komunikasi secara face to face (tatap muka secara langsung) maka hal ini harus didukung dengan perantara media massa dalam proses penyampaiannya kepada khalayak luas. Peranan media massa seperti halnya televisi nyatanya turut berperan besar dalam mewujudkan tujuan dari periklanan itu sendiri. Melalui media televisi, tayangan iklan parfum Posh Hijab Chic dapat memberikan gambaran terkait bagaiamana konsep iklan tersebut dikonstruksikan, khususnya bagaiamana citra perempuan dikonstruksikan berdasarkan realitas sosial yang ada dalam lingkup masyarakat. Dalam usaha merepresentasikan konsep citra perempuan yang ada dalam iklan tersebut, digunakan beberapa cara yang dilakukan seperti teknik pengambilan gambar yang digunakan, wadrobe atau kostum yang dikenakan, ekspresi dan gestur tubuh yang ditampilkan, setting seperti latar tempat yang dipilih, properti yang digunakan, hingga bagaiamana video editing yang dilakukan seperti halnya pemilihan tone warna untuk efek video tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika dari Charles Sanders Peirce dengan konsep Triangle of Meaning yang terdiri atas Sign, Object, dan Interpretant. Dengan mengunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mengacu pada paradigma konstruktivis dimana teori aliran ini berakar pada ide bahwa mengkonstruksi sebuah realitas itu berdasarkan proses interaksi dalalm kelompok, budaya, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan iklan parfum Posh Hijab Chic di televisi menitikberatkan kepada citra pigura dan citra pergaulan dalam merepresentasikan citra perempuan. Kesimpulannya, perempuan dicitrakan sebagai sosok yang siap dan berani dalam menghadapi tantangan apapun, perempuan sebagai makhluk yang mandiri, perempuan yang selalu mengikuti perkembangan zaman namun tetap membangun hubungan sosial dengan baik dalam lingkup sosial nya tanpa memandang apa yang dianut. Kata Kunci : Iklan, Representasi Citra Perempuan, Semiotika Charles Sanders Peirce

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:31
Last Modified: 21 Feb 2022 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55786

Actions (login required)

View Item View Item