Septian, Rahmat, 175060027 (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS (MEA) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENESAHAN SKRIPSI.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (311kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan mengenai kurangnya keaktifan siswa didalam pembelajaran dan pemilihan metode belajar oleh guru yang kurang tepat dapat mengakibatkan kurang terasahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pustaka mengenai penggunaan model pembelajaran Means End Analysis dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan studi literatur atau studi pustaka dengan pendekatan kualiatif. Teknik pengumpulan data yang diapakai ialah editing, organizing dan finding. Teknik analisis data dilakukan secara induktif dan deduktif. Berdasarkan hasil yang didapat pada penelitian ini kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang tedapat dalam diri invidu dalam mengungkapkan ide dan gagasan, berpikir kritis digunakan untuk mengetasi persoalan serta menemukan jalan terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Kemampuan berpikir kritis berperan penting menjawab persoalan didalam pembelajaran dengan cara merumuskan masalah, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru. Salah satu model yang tepat dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ialah model Means End Analysis (MEA) yang merupakan model pemecahan masalah dengan menganalis dengan cara sederhana untuk mendapatkan hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Means End Analysis (MEA) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena terlaksana pembelajaran dengan menggunakan model Means End Analysis (MEA) guru mampu mengembangkan pembelajaran dan juga siswa lebih aktif dalam mengungkapkan ide pikirannya dan juga mampu menyelesaikan pemecahan masalah pada persoalan pembelajaran. Kata Kunci : Means End Analysis, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 07:59 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 07:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55621 |
Actions (login required)
View Item |