Karimah , Ayu Ansor, 175060155 (2022) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ( Penelitian Studi Kepustakaan ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstark Indonesia.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
6.. Abstrak Inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
6... Abstrak Sunda.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena motivasi belajar peserta didik yang rendah. Penyebab rendahnya motivasi belajar peserta didik yaitu tidak adanya minat untuk belajar, tidak tekun menghadapi tugas, cepat putus asa saat menghadapi kesulitan. Beberapa penyebab dari masalah tersebut di antaranya karena proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi model pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan dan kenyataan yang terjadi sekarang. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan ialah model Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui konsep model Problem Based Learning .2) Untuk mengetahui kondisi motivasi belajar peserta didik selama ini, 3) Untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah studi kepustakaan ( librarary research ). Sumber data yang dipeproleh dari buku, jurnal-jurnal ,artikel dan publikasi dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang model Problem Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan jurnal- jurnal penelitian yang peneliti analisis, menunjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik sekolah dasar ,dilihat dari hasil tes belajar peserta didik dalam motivasi belajar peserta didik SD mengalami peningkatan. Belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning menunjukkan adanya pengaruh, dilihat dari kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model Problem Based Learnin nilainya lebih tinggi dibandingkan kelas yang diberi perlakuan model konvensional. Kata Kunci: Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 09:17 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 09:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55356 |
Actions (login required)
View Item |