Nursyamsiah, Hafifah, 175060041 (2022) ANALISIS PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INGGRIS_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III_HAFIFAH NRSYAMSIAH_175060041.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
15. BAB IV_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
Text
16. BAB V_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA_HAFIFAH NURSYAMSIAH_175060041.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis permulaan peserta didik yang masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis permulaan peserta didik disebabkan karena penggunaan media dalam pembelajaran yang tidak bervariasi, sehingga peserta didik sangat bosan ketika pembelajaran menulis permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan mengkaji mengenai peningkatan keterampilan menulis permulaan peserta didik menggunakan media gambar di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reserch) yang merupakan penelitian deskriptif kualitataif, yang mengkaji berbagai literatur seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik bahasan. Berdasarkan hasil dari penelitian kepustakaan (library reserch) ini dapat disimpulkan bahwa. (1) Keterampilan menulis permulaan merupakan keterampilan berbahasa yang menggabungkan empat kemampuan, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting bagi peserta didik. Adapun tujuan keterampilan menulis permulaan, yaitu melatih dan mengembangkan cara menulis yang baik dan benar, melatih dan mengembangkan kemampuan anak untuk mengenal dan menuliskan huruf-huruf; (2) Media gmabar adalah sebuah sarana pembelajaran berupa gambar atau foto. Media gambar merupakan media yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran menulis. Pada dasarnya, peserta didik dapat tertarik, aktif dan termotivasi dengan pembelajaran yang menggunakan media gambar; (3) Jadi kesimpulannya bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya penelitian terdahulu yang menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan menulis peserta didik sekolah dasar dengan menggunakan media gambar. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Permulaan, Media Gambar, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 08:15 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 08:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54968 |
Actions (login required)
View Item |