Terin, 175060098 (2022) MODEL PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
Pandemi COVID-19 berdampak besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pandemi, hal ini mendorong pemerintah mengeluarkan kebijakan pelaksanaan untuk belajar di Indonesia, yaitu pembelajaran harus dilakukan secara daring atau jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan konsep, penerapan, dan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar dalam pembelajaran daring. Peneliti melakukan penelitian studi literatur melalui pendekatan kualitatif dengan menelaah penelitian terdahulu melalui jurnal, artikel, dan buku mengenai model pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar. Menurut hasil penelitian dari beberapa jurnal terdahulu memperlihatkan bahwa pembelajaran daring di Sekolah Dasar sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, menggambarkan ketersediaan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengajar selain itu peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih kritis dan aktif belajar, sehingga hasil belajarnya meningkat. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Sekolah hendaknya lebih memfasilitasi guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran terutama pada pelaksanaan pembelajaran daring seperti sekarang ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran Daring, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mrs Nikita - |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:37 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54926 |
Actions (login required)
View Item |