Fratama, Rejky Eryandi, 175060108 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN OLAH RAGA DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Analisis penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan dalam menyampaian kegiatan pembelajaran daring pada mata pelajaran olahraga. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menelaah sejauhmana pembelajaran daring pada mata pelajaran olahraga dapat efektif. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) melalui penelitian deskriptif kualitatif dengan menelaah penelitian terdahulu dengan jurnal nasional, jurnal internasional, artikel dan buku-buku mengenai efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran olahraga. Dari hasil beberapa jurnal terdahulu memperlihatkan bahwa adanya perubahan dalam kegiatan pembelajara olahraga berbasis daring, Pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah dasar dapat menjadi efektif apabila melihat dari beberapa faktor. Jika memperhatikan faktor penunjang tersebut maka pembelajaran akan efektif, dikarenakan faktor tersebut sangat mempengaruhi pembelajaran yang berjalan serta mempengaruhi terhadap hasil belajar yang didapat, maka dari itu sebaiknya guru maupun siswa harus senantiasa memperhatikan faktor penunjang keefektifitasan pembelajaran agar terjadi pembelajaran yang diinginkan. Guru-guru PJOK di sekolah dasar telah melakukan berbagai strategi agar pembelajaran dengan melalui daring tetap bisa menjadi efektif. Beberapa tindakan yang dilakukan oleh guru PJOK agar efektif dalam melaksanakan pembelajaran daring adalah: setiap pertemuan selalu memberikan tugas untuk peserta didik, agar mereka tetap melaksanakan praktek olah raga; Guru selalu berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dalam mengawasi tugas yang diberikan pada setiap awal pembelajaran; dan guru olah raga selalu memberikan media video yang sebagai pemandu bagi peserta didik dalam melaksanakan tugas praktek di rumah. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Efektivitas dan Pembelajaran Olahraga
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mrs Nikita - |
Date Deposited: | 07 Jan 2022 07:30 |
Last Modified: | 07 Jan 2022 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54925 |
Actions (login required)
View Item |