EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN OLAH RAGA DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi literatur)

Fratama, Rejky Eryandi, 175060108 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN OLAH RAGA DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Analisis penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan dalam menyampaian kegiatan pembelajaran daring pada mata pelajaran olahraga. Maksud dari penelitian ini adalah untuk menelaah sejauhmana pembelajaran daring pada mata pelajaran olahraga dapat efektif. Metode yang digunakan dalam analisis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) melalui penelitian deskriptif kualitatif dengan menelaah penelitian terdahulu dengan jurnal nasional, jurnal internasional, artikel dan buku-buku mengenai efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran olahraga. Dari hasil beberapa jurnal terdahulu memperlihatkan bahwa adanya perubahan dalam kegiatan pembelajara olahraga berbasis daring, Pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah dasar dapat menjadi efektif apabila melihat dari beberapa faktor. Jika memperhatikan faktor penunjang tersebut maka pembelajaran akan efektif, dikarenakan faktor tersebut sangat mempengaruhi pembelajaran yang berjalan serta mempengaruhi terhadap hasil belajar yang didapat, maka dari itu sebaiknya guru maupun siswa harus senantiasa memperhatikan faktor penunjang keefektifitasan pembelajaran agar terjadi pembelajaran yang diinginkan. Guru-guru PJOK di sekolah dasar telah melakukan berbagai strategi agar pembelajaran dengan melalui daring tetap bisa menjadi efektif. Beberapa tindakan yang dilakukan oleh guru PJOK agar efektif dalam melaksanakan pembelajaran daring adalah: setiap pertemuan selalu memberikan tugas untuk peserta didik, agar mereka tetap melaksanakan praktek olah raga; Guru selalu berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dalam mengawasi tugas yang diberikan pada setiap awal pembelajaran; dan guru olah raga selalu memberikan media video yang sebagai pemandu bagi peserta didik dalam melaksanakan tugas praktek di rumah. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Efektivitas dan Pembelajaran Olahraga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 07 Jan 2022 07:30
Last Modified: 07 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54925

Actions (login required)

View Item View Item