Ramdani,,Siti Nurlaela, 175060103 (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_Cover.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_Lembar Pengesahan.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_Abstrak Indonesia.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_Abstrak Inggris.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_Abstrak Sunda.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_BAB I.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_BAB II.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
|
Text
175060103_Siti Nurlaela Ramdani_Daftar Pustaka.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul “Analisis Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar” bertujuan untuk mengkaji studi literatur tentang penggunaan model pembelajaran inquiry dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan latar belakang masalah, peneliti merumusakan masalah dengan tujuan untuk mengetahui konsep penggunaan model pembelajaran inquiry dan hasil belajar peserta didik. Pada proses pembelajaran ini kurang aktifnya peserta didik, karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah atau konvensional yang membuat kurangnya partisipasi aktifnya peserta didik dalam belajar. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran di kelas menjadi kurang menarik, sehingga terjadi menurunnya minat belajar peserta didik dan banyak nilai peserta didik yang dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minumum) atau KBM (Ketuntasan Belajar Minimum). Guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang maksimal. Teknis analisis data yang dilakukan yaitu secara kualitatif dengan pengutipan teori dan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan judul yang telah diajukan, sedangkan sumber data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan sumber data sekunder, karena sebagai pelengkap dari sumber utama yang didapatkan dari beberapa buku, jurnal dan artikel. Model pembelajaran inquiry dapat melatih peserta didik untuk melakukan eksperimen secara meluas dengan mencari dan menemukan jawaban sendiri dari permasalahan yang telah dirancang. Penggunaan model pembelajaarn inquiry secara signifikan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar peserta didik. Pada penelitian disini peserta didik akhirnya mampu menemukan sendiri konsep materi yang telah di pelajari melalui kegiatan dalam metode pembelajaran inquiry yang menyebabkan pembelajaran lebih bermakna, aktif dan kreatif serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Guru dapat merancang proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari beberapa teori dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung terkait model pembelajaran inquiry dengan hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 03:04 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 03:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54791 |
Actions (login required)
View Item |