PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Syafarina, Dhea Meinanda, 175060095 (2021) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Dhea.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Dhea.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo Skripsi Dhea.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris Skripsi Dhea.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda Skripsi Dhea.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Dhea.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Skripsi Dhea.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB 3 Skripsi Dhea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
BAB 4 Skripsi Dhea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
BAB 5 Skripsi Dhea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Dhea.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan metode Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian dilatar belakangi beberapa faktor yang menghambat proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 saat ini, terjadi kendala dan kualitas koneksi internet, pada proses pembelajaran guru kurang menguasai metode dan media pembelajaran yang digunakan membuat kurangnya partisipasi aktif peserta didik. Hal tersebut mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan menurunnya minat belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif jenis riset kepustakaan (Library Research) dengan cara pengutipan teori dan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan judul yang diajukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran jarak jauh secara signifikan sudah efektif pada bagian mengerjakan tugas yang diberikan guru. Hal ini terbukti bahwa Pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Dilihat dari cara yang dilakukan untuk menumbuhkan minat belajar dengan memberikan motivasi-motivasi belajar kepada peserta didik agar tidak jenuh, memberikan materi pembelajaran seperti video animasi yang menarik agar peserta didik tertarik, dan memperhatikan peserta didik pada saat pembelajaran daring berlangsung. Dari banyaknya teori dan hasil penelitian terdahulu dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran jarak jauh efektif dilaksanakan pada saat pandemi Covid-19 saat ini, untuk hasil belajar ranah kognitif peserta didik walaupun terdapat hambatan yang dihadapi, tetapi guru, orang tua, dan peserta didik bersinergi untuk melakukan upaya agar dapat mengatasi hambatan tersebut. Kata kuci : Metode pembelajaran jarak jauh (PJJ), Hasil belajar, Ranah Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Nov 2021 07:48
Last Modified: 15 Nov 2021 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54231

Actions (login required)

View Item View Item