ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur)

Deggy, 175060070 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.docx.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.docx.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitan ini dilakukan sebab permasalahan utama yaitu rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mendapati validalitas bahwa media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa penggunaan media video pembelajaran memberikan pengaruh yang positif, membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, membuat peserta didik menjadi lebih aktif, antusias, dan berani dalam mengemukakan pendapat serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Namun, dari beberapa jurnal lainnya menunjukkan bahwa media video pembelajaran memiliki beberapa kendala yaitu memerlukan biaya, waktu dan keterampilan dalam membuat video pembelajaran, memerlukan aliran listrik untuk menyalakan alat penampil video, dan alat tambahan yang dibutuhkan memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu pendidik harus bisa menyiapkan berbagai alat yang diperlukan dan memahami penggunaan media video pembelajaran. Kesimpulan konsep media video pembelajaran adalah sebuah peralatan yang menggabungkan visual dan audio dalam waktu yang bersamaan sehingga menjadikan gambar-gambar yang bergerak dan disertai dengan suara. Hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media video pembelajaran mempunyai pengaruh, hal ini diperkuat oleh jurnal-jurnal mengenai media video pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Hasil Belajar, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:54
Last Modified: 10 Nov 2021 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54175

Actions (login required)

View Item View Item