Rokhmah,, Anita Widya Nur, 155060167 (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN SUBTEMA 4 KEAJAIBAN PERUBAHAN WUJUD DI SEKITARKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDN Cimacan 2 Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
2.Lembar pengesahan.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak B.Indonesia.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak B.Inggris.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak B.Sunda.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB II.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (475kB) |
||
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
11.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada tema Benda Di Sekitarku dan subtema Keajaiban Perubahan Wujud Di Sekitarku untuk kelas III SDN Cimacan 2 Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Penelitian dilatarbelakangi dengan kurangnya siswa dalam memahami kegiatan pembelajaran, kurangnya konsentrasi dankurang aktifnya siswa saat berlangsungnya pembelajaran, adapun guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan kurangnya pemakaian model yang beragam sehingga pembelajaran menjadi monoton. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam peningkatan sikap (afektif) pada prasiklus 24%, lalu pada siklus I 56%, pada siklus II 63% pada siklus III 81%, keterampilan (Psikomotor) pada prasiklus 24%, siklus ke I 34%, pada siklus II 69%, pada siklus III 83% dan hasil belajar siswa (kognitif) pada di perolehan pada prasiklus skor 27%, lalu siklus I skor 58%, pada siklus II skor 79%, pada siklus III skor 89%. Dengan demikian analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III B pada subtema Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku. Kata Kunci : Hasil belajar, Numbered Head together (NHT), siswa kelas III.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 06:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 06:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53553 |
Actions (login required)
View Item |