ANALISIS PERBEDAAN PEMBELAJARAN DARING , LURING , DAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

NURSAMSYAH, NOVI, 175040060 (2021) ANALISIS PERBEDAAN PEMBELAJARAN DARING , LURING , DAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAAK SUNDA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 menimbulkan dampak terhadap proses belajar dan pembelajaran. Pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka beralih kepada pembelajaran daring atau online. Menyikapi permasalahan tersebut trend pembelajaran di masa pandemi covid 19 berubah menjadi pembelajaran daring,luring,dan blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara pembelajaran daring, luring dan blended Learning terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar dan menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dan kajian pustaka (library research) dengan sumber data sekunder. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu teknik editing. Dengan analisis interpretasi data menggunakan teknik analisis deduktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Blended Learning di saat masa pandemi menunjukkan ratarata persentase nilai (85,36 %) yang menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Pada pembelajaran daring menunjukkan rata-rata persentase nilai (41,86%) hal ini mengindikasikan peningkatan hasil belajar pada kategori cukup. Pada pembelajaran luring menunjukkan rata-rata persentase nilai (64,58) hal ini menindikasikan hasil belajar pada kategori cukup. Secara keseluruhan hasil analisis perbedaan ketiga pembelajaran tersebut menunjukkan peningkatan terhadap hasil belajar ranah kognitif. Hasil analisis lain menunjukkan efek postif pembelajaran blended learning mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. Kemandirian belajar siswa meningkat ditandai dengan siswa aktif mencari berbagai referensi dari perpustakaan online, berdiskusi dengan teman, dan guru. Kata Kunci : Blended Learning, Daring, Hasil Belajar, Langkah Pembelajaran, Luring Kekurangan dan Kelebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2021 08:05
Last Modified: 28 Oct 2021 08:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53475

Actions (login required)

View Item View Item