IMPLEMENTASI PRAKTIKUM PADA MINI STUDIO ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MINAT PRAKTIKUM SISWA MASA PANDEMI

KARTIKA, ANGGI, 175040025 (2021) IMPLEMENTASI PRAKTIKUM PADA MINI STUDIO ONLINE UNTUK MENINGKATKAN MINAT PRAKTIKUM SISWA MASA PANDEMI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Sunda Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text
Bab III Anggi Kartika 175040025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
Bab IV Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
Bab V Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Anggi Kartika 175040025.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat praktikum peserta didik dengan implementasi praktikum pada mini studio online. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA di SMAN 1 Soreang, sampel yang diambil adalah siswa sebanyak 30 orang kelas MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 30 orang kelas MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Parameter yang diukur adalah kuesioner untuk mengetahui respon minat praktikum peserta didik. Hasil penelitian pada minat praktikum peserta didik pada kelas eksperimen dengan hasil presentase 72% indikator keaktifan peserta didik kategori baik, 80% indikator rasa senang peserta didik kriteria dalam kategori baik, jumlah pada indikator persiapan peserta didik sebesar 87% dalam kategori sangat baik, jumlah pada indikator kekhawatiran peserta didik sebesar 80% dalam kategori baik, jumlah pada indikator peserta didik menyimak materi praktikum sebesar 86% dalam kategori sangat baik, pada indikator penambahan jam praktikum sebesar 42% dalam kategori cukup. Sedangkan hasil dari presentase indikator minat praktikum peserta didik pada kelas kontrol jumlah pada indikator keaktifan peserta didik sebesar 75% dalam kategori baik, jumlah pada indikator rasa senang peserta didik sebesar 75% dalam kategori baik, jumlah pada indikator persiapan peserta didik sebesar 86% dalam kategori sangat baik, jumlah pada indikator kekhawatiran peserta didik sebesar 82% dalam kategori baik, jumlah pada indikator peserta didik menyimak materi praktikum sebesar 85% dalam kategori sangat baik, pada indikator penambahan jam praktikum sebesar 45% dalam kategori cukup. Hasil dari presentase kuesioner respon peserta didik terhadap mini studio data yang diperoleh adalah 71% ketertarikan peserta didik terhadap mini studio dalam kategori baik, 73% akses zoom menggunakan mini studio dalam kategori baik, 71% interaktif peserta didik dan guru dalam kategori baik. Demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi praktikum pada mini studio online dapat meningkatkan minat praktikum siswa pada masa pandemi. Kata Kunci: Praktikum, Mini Studio Online, Minat Praktikum Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Oct 2021 04:23
Last Modified: 28 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53451

Actions (login required)

View Item View Item