PERANCANGAN ZINE MENGENAI DOKUMENTASI STUDIO DESAIN GRAFIS DI KOTA BANDUNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI. RESTU ALAN MAOLANA:156010033

RESTU ALAN MAOLANA, Tata Kartasudjana,. M.Ds (2021) PERANCANGAN ZINE MENGENAI DOKUMENTASI STUDIO DESAIN GRAFIS DI KOTA BANDUNG SEBAGAI MEDIA INFORMASI. RESTU ALAN MAOLANA:156010033. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
Awal.doc.docx

Download (220kB)
[img] Text
Abstrak.doc.docx

Download (33kB)
[img] Text
Bab I.doc.docx

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.doc.docx

Download (376kB)
[img] Text
Bab III.doc.docx

Download (32MB)
[img] Text
Bab IV.doc.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84MB)
[img] Text
Bab V.doc.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc.docx

Download (18kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Telah banyak pembuktian bahwa kota Bandung adalah Kota Desain. Terlepas dari sebuah fakta bahwa United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) mengatakan Bandung secara resmi menjadi member sebagai kota desain pada tahun 2015, salah satu aspek yang berkembang pesat adalah Desain Grafis. Perkembangannya terbukti dalam bidang sejarah dengan latar belakang pendidikan pertama Desain Grafis, industri, dan organisasi di Indonesia. Dilihat dari latar belakangnya, kota Bandung memiliki ekosistem kreatif yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sejarah memang harus ditulis berdasarkan ingatan dan dituangkan melalui karya tulis yang kemudian didokumentasikan sehingga mudah diingat oleh generasi selanjutnya, sebelum para pelakunya sudah tiada atau sudah uzur. Untuk saat ini sudah ada 20 studio desain grafis yang masing masing memiliki landasan berfikir, karakter desain, dan cara pandang yang berbeda. Namun hingga saat ini belum ada dokumentasi mengenai studio desain grafis di kota Bandung. Maka diperlukan adanya dokumentasi tertulis. Untuk menemukan solusi yang tepat dengan permasalah yang ada maka dibutuhkan metoda penelitian dan metoda perancangan. metoda penelitian dan perancangan yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan Design Thinking untuk menghasilkan solusi dalam memecahkan permasalahan ada lima tahapan dalam Design Thinking yaitu Empathize, Define, Ideate, Prorotype, dan Test. Dokumentasi ini akan dirancang menjadi media informasi berupa zine mengenai dokumentasi studio desain grafis di kota Bandung mencakup prinsip, pemikiran, desain yang dihasilkan. sehingga menjadi referensi bagi generasi muda yang sedang dalam proses pembelajaran desain grafis. Kata Kunci: Dokumentasi,Desain Grafis, Zine, Studio Desain Grafis, Bandung.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2020
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 23 Oct 2021 02:11
Last Modified: 23 Oct 2021 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53280

Actions (login required)

View Item View Item