ANNISA DWI PRIATNA, 175060012 (2021) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Peningkatan hasil belajar kognitif dapat dipengaruhi oleh beberapa factor, salah satunya adalah partisipasi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah. Selain itu partisipasi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah sangat di perlukan di masa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas II SD di Desa Ciluncat Kabupaten Bandung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di lima sekolah dasar negeri dan swasta yang berada di Desa Ciluncat Kabupaten Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket skala likert dengan bantuan google form. Teknik penelitian dalam penelitian ini menggunankan angket. Populasi dari penelitian ini berjumlah 326 orang tua peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga sampel yang diperlukan sebanyak 180 orang tua peserta didik dan hasil nilai ulangan harian peserta didik kelas II SD di Desa Ciluncat Kabupaten Bandung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang di laksanakan di lima sekolah dasar negeri dan swasta yang ada di Desa Ciluncat Kabupaten Bandung diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang terjadi antara partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil bejajar kognitif, hal ini dapat di buktikan dengan nilai Fhitung = 0,090 dengan signifikansi sebesa 0,05. Adapun dampak yang di berikan dari partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas II SD di Desa Ciluncat Kabupaten Bandung sebesar 0,1%. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,001. Berdasarkan hasil penelitian Ho penelitian dapat diterima, karena tidak ada dampak yang signifikan dari partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas II SD di Desa Ciluncat Kabupaten Bandung. Kata kunci: partisipasi orang tua, Hasil belajar kognitif, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 07:52 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 07:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53153 |
Actions (login required)
View Item |