CHAIRUNNISA WAFDA AYU, 175050018 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK Bahasa sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar adalah salah satu hal yang perlu dimiliki peserta didik pada jenjang sekolah menengah pertama. Salah satu upaya pengembangan kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar yaitu dengan menerapkan pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menganalisis bagaimana kajian kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar; (2) menganalisis bagaimana kajian model Realistic Mathematics Education (RME); (3) menganalisis bagaimana kajian kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa menengah pertama melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder terkait pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar, dan pendekatan RME. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki pengaruh yang baik; (2) pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (ekspositori) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. (4) penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam proses pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar siswa termasuk dalam katergori yang baik. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, kemandirian belajar, pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 07:37 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 07:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53151 |
Actions (login required)
View Item |