KAJIAN TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN BELAJAR

Nurjaman, Rizki (2021) KAJIAN TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEBIASAAN BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pola asuh orang tua yang berhubungan dengan kebiasaan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasan yang terbentuk paling dibutuhkan agar hasil belajar lebih baik, proses pola asuh yang biasa dilaksanakan orang tua, dan peran pola asuh yang tepat pada orang tua dapat menghasilkan kebiasaan belajar yang baik (Habbit Qualitative). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deduktif dan induktif. Hasil temuan menunjukkan bahwa kebiasaan yang terbentuk paling dibutuhkan agar hasil belajar lebih baik di antaranya kebiasaan yang berkaitan dengan penyelesaian tugas akademik dan cara belajar yang efektif dan efisien dalam mengerjakan yaitu menentukan target, membuat rencana dalam belajar, belajar teratur dan rutin setiap hari, mengulang bahan pelajaran, membaca dan membuat catatan, membuat jadwal serta pelaksanannya, konsentrasi, mengerjakan tugas, memiliki inisiatif tinggi, pengendalian diri, mampu mengaktualisasikan diri, berkreasi dan berinovasi secara bebas, serta percaya diri. Proses pola asuh yang biasa dilakukan oleh orang tua diantaranya adalah memberikan perhatian, waktu, dan dukungan dalam bentuk pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permisif. Pola asuh yang tepat oleh orang tua dapat menghasilkan kebiasaan belajar yang baik karena pola asuh berkaitan dengan peran orang tua seperti mendidik, mengasuh, dan membimbing, apabila orang tua menggunakan pola atau cara mengasuh berdasarkan tahap perkembangan anak secara tepat, maka pertumbuhan dan perkembangan anak akan optimal, sehingga dalam belajar anak dapat memperoleh kebiasaan belajar yang baik. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2021 02:46
Last Modified: 02 Oct 2021 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52737

Actions (login required)

View Item View Item