PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI CILAMPENI 02 PADA SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cilampeni 02 Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung)

DIAN NURAENI, 155060153 (2021) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI CILAMPENI 02 PADA SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cilampeni 02 Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi DIAN.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Jenis-jenis Pekerjaan kelas IV SD Negeri Cilampeni 02 Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Prosedur pembelajaran dan model pembelajaran juga sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 siklus yang terdiri dari pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik evaluasi yang digunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar dan teknik non tes untuk mengetahui penilaian sikap peduli, sikap percaya diri, dan sikap tanggung jawab. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa prasiklus yang terus meningkat. Maka dari itu, penggunaan model problem based learning sangat cocok di gunakan pada proses pembelajaran hal ini di sebabkan karena siswa aktif dan mudah memahami materi yang diberikan guru. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini bahwa model Problem Based Learning sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cilampeni 02 pada subtema jenis-jenis pekerjaan. Kata kunci : Problem Based Learning, hasil belajar, afektif, kognitif, dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 11 Sep 2021 05:59
Last Modified: 11 Sep 2021 05:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52515

Actions (login required)

View Item View Item