ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK

RIKSA NURLAELASARI, 165060098 (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan analisis jurnal, permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran yaitu hasil belajar rendah karena tidak dilibatkannya peserta didik secara langsung dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki hal tersebut, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, strategi dan hubungan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan atau studi literatur, dengan cara menganalisis jurnal penelitian dan buku yang relevan dengan judul yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan model yang membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dengan disisipkannya permainan menggunakan tongkat. Strategi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan membagi pembelajaran kedalam enam fase, diantaranya penjelasan tujuan yang disertai dengan memotivasi, penyajian materi, pengorganisasian ke dalam kelompok, bimbingan belajar secara berkelompok, evaluasi dan penghargaan serta didalamnya mencakup refleksi materi yang telah dipelajari menggunakan tongkat berupa pertanyaan. Pembelajaran yang berpedoman pada langkah-langkah dan sintak model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar baik pada aspek afektif, psikomotor dan kognitif. Sebagaimana hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebesar 80,7. Dengan demikian, terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:56
Last Modified: 17 Feb 2021 03:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50822

Actions (login required)

View Item View Item