RIKSA NURLAELASARI, 165060098 (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan analisis jurnal, permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran yaitu hasil belajar rendah karena tidak dilibatkannya peserta didik secara langsung dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki hal tersebut, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, strategi dan hubungan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan atau studi literatur, dengan cara menganalisis jurnal penelitian dan buku yang relevan dengan judul yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan model yang membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dengan disisipkannya permainan menggunakan tongkat. Strategi model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan membagi pembelajaran kedalam enam fase, diantaranya penjelasan tujuan yang disertai dengan memotivasi, penyajian materi, pengorganisasian ke dalam kelompok, bimbingan belajar secara berkelompok, evaluasi dan penghargaan serta didalamnya mencakup refleksi materi yang telah dipelajari menggunakan tongkat berupa pertanyaan. Pembelajaran yang berpedoman pada langkah-langkah dan sintak model pembelajaran kooperatif tipe talking stick menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar baik pada aspek afektif, psikomotor dan kognitif. Sebagaimana hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick sebesar 80,7. Dengan demikian, terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dengan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe talking stick.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 03:56 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50822 |
Actions (login required)
View Item |