Rizkawanti Maulani, 165060023 (2021) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berbicara peserta didik yang rendah. Rendahnya keterampilan berbicara peserta didik salah satunya disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik hanya diam dan cepat merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang mengkaji berbagai literatur seperti buku, jurnal dan artikel ilmiah yang relevan dengan topik bahasan. Berdasarkan hasil dari penelitian kepustakaan (library research) ini dapat disimpulkan bahwa. (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) merupakan model pembelajaran yang mengutamakan tanggung jawab peserta didik baik individu maupun kelompok. Model ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran melalui diskusi kelompok sehingga peserta didik dapat saling membantu dan membelajarkan dalam diskusi kelompok; (2) Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide dan pendapatnya secara lisan. Berbicara di sekolah dasar bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara peserta didik sehingga peserta didik dapat berbicara dengan baik sesuai dengan situasinya; (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya penelitian terdahulu yang menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Studi Kepustakaan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 06:36 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 06:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50337 |
Actions (login required)
View Item |