ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

NADIA PERTIWI, 165060128 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil fenomena yang didapatkan dari penelitian terdahulu bahwa masih terdapat rendahnya hasil belajar siswa SD karena siswa tidak aktif dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, kemudian berdasarkan hasil kajian pustaka dimana beberapa peneliti yang sudah melakukan penelitian terhadap discovery learning belum begitu dianalisis terhadap pelaksanaannya, hasil belajarnya cenderung fokus pada penelitian masing-masing belum dilakukan perbandingan antara hasil penelitian model discovery learning yang satu dengan penelitian yang lainnya. Menurut Bunner model Discovery Learning merupakan pembelajaran yang bertujuan memperoleh pengetahuan dengan suatu cara yang dapat melatih kemampuan intelektual para siswa serta merangsang keingintahuan mereka dan memotivasi kemampuan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Dari hasil analisis diperoleh sumber data penelitian dari beberapa jurnal. Berdasarkan hasil beberapa peneliti dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Terlihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik setiap melakukan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi dalam pembelajaran di SD dan penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:29
Last Modified: 27 Jan 2021 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50331

Actions (login required)

View Item View Item