NADIA PERTIWI, 165060128 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB I.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB II.pdf Download (172kB) | Preview |
|
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kembali penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil fenomena yang didapatkan dari penelitian terdahulu bahwa masih terdapat rendahnya hasil belajar siswa SD karena siswa tidak aktif dan kurang berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, kemudian berdasarkan hasil kajian pustaka dimana beberapa peneliti yang sudah melakukan penelitian terhadap discovery learning belum begitu dianalisis terhadap pelaksanaannya, hasil belajarnya cenderung fokus pada penelitian masing-masing belum dilakukan perbandingan antara hasil penelitian model discovery learning yang satu dengan penelitian yang lainnya. Menurut Bunner model Discovery Learning merupakan pembelajaran yang bertujuan memperoleh pengetahuan dengan suatu cara yang dapat melatih kemampuan intelektual para siswa serta merangsang keingintahuan mereka dan memotivasi kemampuan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder. Dari hasil analisis diperoleh sumber data penelitian dari beberapa jurnal. Berdasarkan hasil beberapa peneliti dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga dapat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Terlihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik setiap melakukan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi dalam pembelajaran di SD dan penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 04:29 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 04:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50331 |
Actions (login required)
View Item |