ANALISIS KONFLIK BATIN DALAM DRAMA “AYAHKU PULANG” KARYA USMAR ISMAIL SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII

SRI KHOLIFAH, 165030017 (2020) ANALISIS KONFLIK BATIN DALAM DRAMA “AYAHKU PULANG” KARYA USMAR ISMAIL SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam memperlajari naskah drama. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tokoh konflik batin pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di kelas VIII. Konflik batin adalah konflik yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih dalam keinginan yang saling bertentangan untuk menguasai diri sendiri sehingga mempengaruhi tingkah laku. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis pendekatan kualitatif yang digunakan bersifat deskriptif kualitataif, yaitu menggambarkan situasi, fenomena, ataupun informasi yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Pada penelitian ini, penulis menggunakan pengumpulan data yaitu telaah pustaka, dokumentasi dan analisis. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah Konflik batin tokoh Raden Saleh pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail yaitu lengkap yang terdiri dari id, ego, dan superego. Konflik batin tokoh Raden Saleh pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail sudah memuat id, ego dan superego dan mencapai persentase 100% dengan kategori sangat sesuai. Konflik batin tokoh Tina pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail hanya ada id dan ego. Konflik batin tokoh Tina pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail hanya memuat id dan ego saja, tetapi tidak ada superego didalamnya dan mencapai persentase 74% dengan kategori kurang sesuai. Konflik batin tokoh Gunarto pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail yaitu lengkap yang terdiri id, ego, dan superego. Konflik batin tokoh Gunarto pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail mencapai persentase 100% dengan kategori sangat sesuai. Konflik batin pada tokoh Maimun pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail yaitu lengkap yang terdiri id, ego, dan superego. Konflik batin pada tokoh Maimun pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail sudah memuat id, ego dan superego dan mencapai persentase 100%. dengan kategori sangat sesuai. Konflik batin pada tokoh Mintarsih pada teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail konflik batin pada tokoh Mintarsih tidak ditemukan dalam tokoh Mintarsih tidak memuat id, ego dan superego dan mencapai persentase 0% dengan kategori tidak sesuai. Hasil analisis konflik batin dalam teks drama “Ayahku Pulang” karya Usmar Ismail dapat digunakan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar bahasa Indonesia di kelas VIII dengan persentase 85% dan berkategori sesuai. Kata Kunci: Drama, konflik batin, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:57
Last Modified: 18 Nov 2020 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50038

Actions (login required)

View Item View Item