ISHMAH ROMDHIYAH, 165060086 (2020) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR (Analisis Deskritif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Analisis ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui bahwa motivasi belalajar peserta didik melalui model problem based learning dapat meningkat. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis ini adalah studi pustaka (library research) yang merupakan penelitian deskritif kualitatif dengan pengumpulan data yang dihimpun melalui studi kepustakaan berupa jurnal-jurnal, buku, artikel, dan publikasi dengan menggumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang motivasi belajar melalui model problem based learning. Berdasarkan hasil analisis dari ebberapa jurnal penelitian terdahulu menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik dapat meningkat dengan menggunakan model problem based learning di sekolah dasar, karena motivasi belajar yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam kegiatan belajar. Namun, dari beberapa jurnal yang ada yang menunjukan model problem based learning menimbulkan cukup waktu yang lama untuk memecahkan masalah, dan terkadang peserta didik menjadi terpaku oleh satu orang yang mengerjakan tugas kelompok. Maka dari itu setiap guru harus memahami karakteristik peserta didik. Kesimpulan model problem based learning merupakan model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dengan menggunakan model problem based dapat memberikan pengaruh respon yang postif terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena model problem based learning merupakan model yang menuntutpeserta didik untuk menggali informasi dan pengembangkan pengetahuan sendiri, yaitu melalui proses pemecahan masalah. Melalui motivasi belajar peserta didik dapat dilihat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah pada proses kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL) dan Motivasi belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 02:34 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 02:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49912 |
Actions (login required)
View Item |