Maya Septiana, 165060155 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (723kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran langsung, yang dimana pada proses kegiatan belajar belum optimal dalam menerapkan variasi model pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan peserta didik merasa jenuh dan bosan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustkaan atau studi literatur yaitu serangkaian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Adapun fokus penelitian yang dianalisis dengan masalah utama yaitu mengenai penggunaan model problem based learning meningkatkan hasil belajar siswa dari penelitian sebelumnya dari berbagai ahli. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan cara mencari data berupa dokumen dari berbagai sumber seperti buku dan jurnal, sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis bersifat dedukatif dan induktif. Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan analisis penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari sumber jurnal menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Hasil belajar siswa sudah mengalami perubahan dan peningkatan. Hasil analisis data dari berbagai sumber jurnal juga menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning. hubungan model problem based learning juga sangat efektif untuk bisa meningkatkan hasil belajar siswa baik hasil belajar kognitif, afektif dan psikomor. Kata Kunci : Model problem based learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 11:09 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 11:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49815 |
Actions (login required)
View Item |