Arieffandi, 155060041 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 8 MARGAHAYU BANDUNG (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kelas V SDN 8 Margahayu Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Margahayu 8 Bandung (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kelas V SDN Margahayu 8 Bandung)Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aktivitas belajar kognitif siswa kelas V,(2) mengetahui Seberapa Besar pengaruh model Problem Based Learning terhadap aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN Margahayu 8. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan Metode Quasi Eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Tes , pre-testpost-test dan observasi, sampel diambil mengunakan tehnik nonprobality purposive sampling dengan melibatkan responden sebanyak 60 siswa .Pada teknik pengolahan data menggunakan ujivaliditas, reabilitas, tingkat kesukaran, untuk mengukur kelayakan instrument danuji normalitas, linieritas, regresi linier sederhana dan koefesien determinasi,digunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan dalam rumusan masalah.Adapun hasil dari penelitian diambil kesimpulan bahwa model Problem based learning terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SDN Margahayu 8 dengan dibuktikan dari hasil uji regresi linier sederhana didapat nilai Sig. 0.00, dengan pengambilan keputuasan nilai Sig. < 0.05 maka dikatakan variabel (X) terdapat pengaruh terhadap variabel (Y) Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh maka dilakukan uji Koefesien determinasi, dan diperolehnilai Rsquare Sebesar 0.664 dengan dipresentasekan menjadi 66.4%. dan sisanya diperkirakan diperngaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci : Model problem based learning, aktivitas belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2020 00:45 |
Last Modified: | 18 Oct 2020 00:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49464 |
Actions (login required)
View Item |