TITA SETIAWATI, 165020053 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey pada peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah Tahun pelajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (993kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Inggris.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B.Sunda.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui lingkungan keluarga peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah yang berjumlah 145 orang, dengan jumlah sampel 106 orang. Dimana, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengambilan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, uji regresi linear sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil analisis yang terdapat pada tabel regresi, dengan data taraf signifikansi 5% maka diperoleh variabel lingkungan keluarga memiliki nilai thitung sebesar 5,110 > ttabel (1,983) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. Berdasarkan simpulan dari penelitian disarankan kepada pendidik dan orangtua/ keluarga sebagai pelaksana memiliki kewajiban untuk membina dan memberikan bekal terhadap peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Kata kunci : Lingkungan keluarga, motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 07:00 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49453 |
Actions (login required)
View Item |