PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung pada Sub Tema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia)

Nurhayati, 155060063 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung pada Sub Tema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan beberapa kendala, salah satunya kendala ini dikarenakan orang tua mereka beranggapan bahwa pendidikan itu adalah tugas guru di sekolah, Mereka menyerahkan pendidikan anakanak mereka kepada sekolah dan mereka beranggapan belajar di sekolah sudah cukup. Metode penelitian yang diterapkan dalam pelaksanaan penelitian ini ialah metode kuantitatif, disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode penelitian ini berupa quasi eksperimental design, dengan bentuk design nonequivalent control group design. Adapun sampel penelitian terdiri atas siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VE sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Hasil dari nilai uji regresi linear sederhana, didapatkan nilai koefisien regresi sebesar 0,853. Nilai koefisien untuk variabel x sebesar 0,853 yang artinya setiap penambahan 1% nilai X (pendekatan pembelajaran SAVI) maka nilai Y (hasil belajar) bertambah sebesar 0,853 dengan koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan SAVI terhadap hasil belajar yang berpengaruh positif, dengan taraf signifikansinya adalah 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajarann SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen (VA). Berbeda dengan taraf uji regresi linear sederhana pada kelas kontrol yaitu sebesar taraf signya adalah 0,011 > 0,05 sehingga pendekatan inkuiri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran SAVI berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 027 Cicadas dapat diterima dan Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan positif pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 027 Cicadas ditolak. Kata kunci : SAVI, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:06
Last Modified: 25 Oct 2019 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46500

Actions (login required)

View Item View Item