Nurhayati, 155060063 (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 027 Cicadas di Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung pada Sub Tema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan beberapa kendala, salah satunya kendala ini dikarenakan orang tua mereka beranggapan bahwa pendidikan itu adalah tugas guru di sekolah, Mereka menyerahkan pendidikan anakanak mereka kepada sekolah dan mereka beranggapan belajar di sekolah sudah cukup. Metode penelitian yang diterapkan dalam pelaksanaan penelitian ini ialah metode kuantitatif, disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode penelitian ini berupa quasi eksperimental design, dengan bentuk design nonequivalent control group design. Adapun sampel penelitian terdiri atas siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas VE sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Hasil dari nilai uji regresi linear sederhana, didapatkan nilai koefisien regresi sebesar 0,853. Nilai koefisien untuk variabel x sebesar 0,853 yang artinya setiap penambahan 1% nilai X (pendekatan pembelajaran SAVI) maka nilai Y (hasil belajar) bertambah sebesar 0,853 dengan koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan SAVI terhadap hasil belajar yang berpengaruh positif, dengan taraf signifikansinya adalah 0,001 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajarann SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen (VA). Berbeda dengan taraf uji regresi linear sederhana pada kelas kontrol yaitu sebesar taraf signya adalah 0,011 > 0,05 sehingga pendekatan inkuiri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran SAVI berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 027 Cicadas dapat diterima dan Ho yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan positif pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 027 Cicadas ditolak. Kata kunci : SAVI, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 08:06 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46500 |
Actions (login required)
View Item |