PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IVB SDN 223 Bhakti Winaya Kota Bandung)

SoniaTri Hanifanissa, 155060016 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IVB SDN 223 Bhakti Winaya Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FULL.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memeperbaiki pembelajaran di SDN 223 Bhakti Winaya Kota Bandung khususnya di kelas IVB dengan jumlah peserta didik 29 orang pada Tema Indahnya Kebersamaam Subtema Bersyukur Atas Keberagaman dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya hasil belajar peserta didik yang rendah. Ketika proses pembelajaran berlangsung keterlibatan peserta didik sangat minim karena peserta didik hanya melakukan kegiatan duduk, mendengarkan, mencatat, dan menghafal, sehingga peserta didik kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga banyak nilai peserta didik yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Permasalahan ini muncul karena guru cenderung menggunakan metode konvensional disetiap pembelajarannya. Peserta didik merasa malas untuk mengerjakan tugas yang telah diberi oleh gurunya, tidak adanya kesadaran diri peserta didik untuk belajar dan tidak ada keberanian peserta didik untuk tampil di depan kelas sehingga menyebabkan pembelajaran yang berlangsung kurang optimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan atau pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil 3,4 atau 85%, siklus II 3,75 atau 93,75%, siklus III 3,9 atau 97,5%. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil 3,62 atau 90,5%, siklus II 3,75 atau 93,75%, siklus III 3,94 atau 98,5%. Hasil Belajar peserta didik pada siklus I memperoleh hasil Pretest dengan nilai rata-rata 66,2 atau 31% dan Posttest dengan nilai rata-rata 82 atai 79%, siklus II Pretest dengan nilai rata-rata 73,1 atau 31% dan Posttest dengan nilai rata-rata 84,1 atau 86%, siklus III Pretest dengan nilai rata-rata 80,6 atau 68% dan Posttest dengan nilai rata-rata 92,7 atau 93,1%. Sikap Peduli pada Siklus I memperoleh hasil 69%, siklus II memperoleh hasil 74%, siklus III memperoleh hasil 80%. Sikap Santun pada siklus I memperoleh hasil 70%, siklus II memperoleh hasil 73%, siklus III memperoleh hasil 81%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Sikap peduli dan Sikap santun, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:13
Last Modified: 10 Oct 2019 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45596

Actions (login required)

View Item View Item