SANI DEWI INDRIANI, 155060193 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN 223 Bhakti Winaya Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Riwayat Hidup.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan penerapan model pembelajaran cooperative tipe take and give permasalahan yang terjadi pada proses belajar mengajar diantaranya kurang antusiasnya peserta didik terhadap materi yang disampaikan, penggunaan metode yang kurang tepat sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Arikunto. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative tipe take and give dapat meningkatkan hasil belajar. Pertama, adanya peningkatan sikap santun pada siklus I mencapai 33%, pada siklus II mencapai 89%. Kedua, adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I mencapai 40,7%, pada siklus II mencapai 85%. Ketiga, adanya peningkatan aspek kognitif/pemahaman pada siklus I mencapai 40,7%, pada siklus II mencapai 85%. Keempat, adanya peningkatan aspek keterampilan berkomunikasi pada siklus I mencapai 41%, pada siklus II mencapai 89%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative tipe take and give pada kelas IV C SDN 223 Bhakti Winaya Bandung dapat meningkatkan sikap peduli, santun, kognitif, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 07:26 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 07:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45471 |
Actions (login required)
View Item |