PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Tema 1 Indahnya Kebersamaan pada subtema 2 Kelas IV SDN Cigentur Kecamatan Banjaran)

Fela Nursifa, 155060176 (2019) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Tema 1 Indahnya Kebersamaan pada subtema 2 Kelas IV SDN Cigentur Kecamatan Banjaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning pada tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cigentur Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. Objek penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah peserta didik 39 orang yang terdiri atas 20 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,16 meningkat pada siklus II sebesar 3,50 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,83. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh hasil sebesar 3,33 meningkat pada siklus II sebesar 3,66 dan meningkat pada siklus III sebesar 3,83. Pada hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari aspek psikomotor menunjukan bahwa pada siklus I peserta didik meraih ketuntasan aspek psikomotor (keterampilan) sebesar 44% meningkat pada siklus II sebesar 74% dan meningkat pada siklus III sebesar 90%. Pada hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari sikap percaya diri pada siklus I meraih persentase sebesar 51,3% meningkat pada siklus II sebesar 73,3% dan meningkat pada siklus III sebesar 89,7%. Pada hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest pada siklus I meraih persentase sebesar 67%, pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan post test pada siklus I mengalami peningkatan persentase sebesar 79%, dan pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil pretest dan post test pada siklus II mengalami peningkatan persentase sebesar 90%. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Cigentur Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung pada pembelajaran tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:38
Last Modified: 07 Oct 2019 08:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45417

Actions (login required)

View Item View Item