Desyane Nurrachmannisa, 155060110 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
coverr.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak bahasa indonesia.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I revisi pa jaka 2.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II revisi pa jaka.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
BAB III revisi pa jaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
dapus 1.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul ”Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Bojongasih Pada Subtema Manusia dan Lngkungan” yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Bojongasih. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran masih kurang melibatkan siswa, sehingga siswa hasil belajarnya kurang. Model yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap peduli, tanggung jawab, keterampilan komunikasi pada setiap siklusnya. Untuk peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya, siklus I sebesar 55%, siklus II sebesar 64%, siklus III 91%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 57,96, siklus II sebesar 67,50, Siklus III sebesar 72,50. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada subtema Manusia dan Lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 03:30 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 03:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45389 |
Actions (login required)
View Item |